Pilkada bima

Panwascam Langgudu, Resmi Melantik 64 PTPS

Langgudu, Portal Berita Desa,  KabarDesantb.com) – Panwas Kecamatan Langgudu secara resmi melantik 64 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab.Bima Tahun 2020, Selasa (17/11/20)

Bertempat di Aula Paruga Rasa Desa Rupe, kegiatan Pelantikan sekaligus Pengambilan Sumpah/Janji ini secara langsung dihadiri oleh pihak Bawaslu Kab.Bima. Hadir Pula Camat Langgudu melalui Kasi Pemerintahan, Kapolsek Langgudu, KUA Langgudu, serta seluruh Ketua/Anggota Panwas Kecamatan Langgudu.

Ketua Panwas Kec.Langgudu, Nas Irwanto,S.Pd menyebutkan bahwa pelantikan ini adalah suatu bagian yang sangat sakral dalam persiapan penyelenggaraan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pada 9 Desember 2020 mendatang.

“PTPS yang dilantik sebanyak 64 orang dan mereka akan menjalankan tugas selama 23 hari hingga H+7 setelah pemungutan suara dan Perhitungan suara” kata Nas Irwanto disela acara pelantikan di Aula Paruga Rasa Desa Rupe, Selasa (17/11)

Sementara itu, Abdurrahman,SH selaku Kordiv Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima, menekankan kepada semua PTPS yang dilantik, agar bertindak secara profesional dan mengedapankan integritas dalam pengawasan di TPS.

Menurutnya keberhasilan pengawas TPS mengawal pemungutan dan perhitungan suara menjadi hasil kerja keras Bawaslu dalam mengawal seluruh rangkaian tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kab.Bima tahun 2020.

“Tugas pokok pengawas TPS adalah mengawasi persiapan pemungutan suara, saat pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, dan penghitungan suara”paparnya

Dari tugas dan wewenang tersebut, lanjut Abdurrahman, ada dua hal penting yang perlu diperhatikan yakni pertama pengawas TPS memastikan bahwa proses pemungutan suara berlangsung dengan luber dan jurdil. Bahkan, petugas pengawas TPS juga harus memastikan pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya.

Dari 64 PTPS yang secara resmi dilantik hari ini (Selasa,17/11) nantinya akan ditempatkan di 64 TPS di 15 Desa se-Kecamatan Langgudu, dengan total DPT sebanyak 21.860 Pemilih. (KM-11)

Back to top button
error: Content is protected !!

Pemblokiran Iklan

Bantu kami menayangkan iklan dengan menon-aktifkan pemblokiran iklan di Web browser anda.