Berita Desa

Pemdes Belo Bahas Rancangan Perdes LABKD

Kabardesantb.com, kabupaten Bima – Pemerintah Desa Belo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima melakukan rapat pembahasan Rancangan Perdes LABKD pada tingkat Pemerintahan Desa. Rapat dihadiri Kades Belo (Akhmad Fansuri), Seluruh Aparat Desa, PPKD, SID, Pokja Adminduk dan TP PKK Desa Belo.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Desa Belo pada hari Selasa, 27 Juli 2021.

Dalam penyampaiannya Akhmad Fansuri menjelaskan kaitan dengan LABKD adalah layanan Adminduk berbasis kewenangan Desa. Dalam ketentuan Perbub danPerdes Kewenangan Desa ditetapkan salah satu kewenangan desa yang dilimpahkan oleh Pemerintah Daerah adalah salah satunya LABKD yang tugas Verifikasi Dokumen dan pencetakan Adminduk diserahkan kepada Pemerintah desa sebagai kewenangan yang dilimpahkan.
Tentunya ini adalah hal baik yang harus kita dorong dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya layanan Adminduk karena adanya kemudahan yang diberikan Disdukcapil Bima kepada Pemerintah Desa untuk ferivikasi daojumen dan pencetakan Dokumen Adminduk cukup di Kantor Desa”Lanjut Akhmad Fansuri”

Perbaikan layanan Adminduk di Kabupaten Bima terus dilakukan terutama dari sisi regulasinya, Ketentuan kaitan dengan layanan Adminduk tertuang dalam Perda No. 01 Tahun 2021 dan untuk Perbubnya sedang dilakukan finalisasi.

Pemerintah Desa Belo sebagai perpanjangan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan Adminduk mengambil inisiasi untuk membahas kaitan Rancangan Perdes LABKD yang ruang lingkupnya meliputi : Penyelenggaraan LABKD; Sistim dan Prosedur Pelaksanaan LABKD; Koordinasi dan Pelaksanaan LABKD; Koordinasi, pengawasan dan Evaluasi serta Pembiayaan LABKD (pasal 2 Rancangan PERDES LABKD)

“Rancangan Perdes ini akan kami serahkan kepada BPD untuk dibahas pada tingkat BPD dan selanjutnya BPD akan melakukan MUSDES Kaitan dengan Rancangan PERDES LABKD tersebut dan selanjutnya akan mendapatkan pengesahan bersama BPD dan Pemerintah Desa Belo untuk ditetapkan menjadi Perdes dan kaitan dengan Penganggaran LABKD Pemerintah Desa Belo siap melakukan menganggarkannya dalan APBDes Perubahan 2021 maupun APBDes 2022” tegas Akhmad Fansuri.(Red).

Back to top button
error: Content is protected !!

Pemblokiran Iklan

Bantu kami menayangkan iklan dengan menon-aktifkan pemblokiran iklan di Web browser anda.