Berita Desa

Pekan Aspirasi Masyarakat dihelat di Dua Desa.

Kabardesantb.com, kabupaten Bima – Badan Permusyawartan Desa (BPD) Desa Keli Kecamatan Woha dan dan Desa Bontokape – Bolo menggelar Pekan Aspirasi yang merupakan hasil pendampingan Pemkab Bima bersama mitra NGO Solud-Seknas Fitra dan KOMPAK selama sepekan yang dimulai Senin (20/9/2021).

Pekan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat Desa Keli Kecamatan Woha dan Desa Bontokape Kecamatan Bolo ini ditandai dengan serah terima mandat dari Kepala Desa kepada Ketua BPD. Ketua BPD beserta anggota bergerak menyebar ke dusun masing-masing untuk mulai menyerap aspirasi dan Pengaduan Masyarakat. Sebagian besar aspirasi dan pengaduan masyarakat diserap melalui mekanisme BPD, dengan mendatangi langsung masyarakat.

Selain itu masyarakat juga bisa langsung mendatangi Posko Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat yang ada di tiap dusun.

Melalui kegiatan ini BPD diharapkan dapat melaksanakan tugasnya menyerap, menampung dan menyalurkan aspirasi dan pengaduan masyarakat. Kemudian ditindak lanjuti menjadi input bagi perencanaan dan penganggaran yang inklusif dan responsif gender.

“Hasil dari aspirasi ini akan diselaraskan dengan Visi Misi Kepala Desa (RPJMDes) dan menjadi materi penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2022 dan APBDes 2022,” ujar Koordinator Program Muamer Qadafi yang juga didampingi DC KOMPAK Asrullah Lukman, ST.

Pekan aspirasi yang dihelat di dua desa ini memiliki arti khusus dengan hadirnya
Manajer Pemberdayaan Masyarakat dan Akuntabilitas Sosial KOMPAK – Jakarta Lilis Suryani dan Sekretaris Jenderal Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Seknas Fitra Jakarta Misbah Hasan. “Ini berarti bahwa inisiasi dan kerja-kerja kecil kita di tingkat lokal, mendapat atensi dan apresiasi dari tingkat nasional,”. Ujar Kepala Bidang Perencanaan Sosial dan Budaya Bappeda Raani Wahyuni, ST, MT, MSc yang turut mendampingi tim.

Ke depan, dirinya berharap kegiatan yang sama dapat diihelat pada desa-desa lain di Kabupaten Bima, sehinga dapat mendorong peningkatan kinerja BPD sebagai wakil dari masyarakat desa. Tandas Raani.(Red)

Back to top button
error: Content is protected !!

Pemblokiran Iklan

Bantu kami menayangkan iklan dengan menon-aktifkan pemblokiran iklan di Web browser anda.