Inovasi

lbu Raodah Desa Dore ‘Sulap’ Lahan Tidak produktif Menjadi Jadi KRPL

Kabupaten Bima (kabardesantb.com) – Kelompok Wanita Tani (KWT)  Temba Tolo ibu  Raodah di Desa Dore, Kecamatan palibelo , Kabupaten Bima, menyulap lahan Tidak produktif jadi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).
Dusun Nggaro Desa Dore Kecamatan Palibelo memiliki kurang lebih 20 anggota KWT bahu membahu membangun KRPL di atas lahan pekarangan rumahnya kalau untuk pembibitan nya mereka pake pekarangan rumah ketua kelompok lahan  yang bertahun-tahun tak pernah digarap kini mulai di manfaatkan oleh kelompok wanita tani Desa Dore.
“Pada dasarnya kami ragu, bahkan banyak ibu ibu anggota KWT  yang menyerah. Tapi saya sebagai ketua terdorong untuk tetap semangat. Dengan beberapa ibu lainya  mulai  mencangkul tanah tanah  sehingga kemudian bisa buat bedeng,” jelas Raodah, kepada media Kabardesantb.com, Jumat  (1/11/2019).
Tidak mudah memang menggarap lahan seluas sekitar 1, 1/2 area itu menjadi KRPL, karena lokasi ini terletak Dusun Nggaro Desa Dore Kecamatan Palibelo.
Namun tantangan itu akhirnya bisa ditaklukan setelah beberapa  anggota KWT ini bergotong-royong. Lelah dan capek pasti sangat mereka rasakan. Tapi kebersamaan itu yang kami utamakan.
Ketua KWT Temba Tolo Desa Dore  Ibu Raodah , Ratu Opensid Dore , mengatakan awalnya dirinya bersama ibu-ibu lainnya sempat ragu apa bisa hijaukan lahan pekarangan rumahnya itu.
Namun dengan semangat   untuk memenuhi pangan keluarga menjadi motivasi kami untuk menggarap lahan tidak produktif menjadi produktif tersebut.
“Dengan tekad  dan kemauan yang kuat lahan pekarangan rumah kami di alih fungsikan itu  kami garap dijadikan KRPL” .
“Kami rasa banyak sekali  keuntungannya. Apalagi kalau saat mendesak waktu masak, sayur bisa terpenuhi karena ada di halaman  rumah saja. Tidak perlu cari jauh-jauh kepasar dan tidak perlu beli,” ungkap Raodah. (B1324MPJ)

Artikel Terkait

Back to top button
error:

Pemblokiran Iklan

Bantu kami menayangkan iklan dengan menon-aktifkan pemblokiran iklan di Web browser anda.