Berita Desa

Launching Layanan Mandiri Desa Natai Raya oleh Bupati Kotawaringin Barat

Kotawaringin, kabardesantb.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Desa Natai Raya, Pemerintah Desa mengadakan acara “Launching Layanan Mandiri Desa Natai Raya” yang diresmikan oleh Bupati Kotawaringin Barat. Rabu, 17 Maret 2021.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Kotawaringin Barat yang diwakili oleh Kabid Pemdes Drs. Sudiharto, Camat Arut Selatan Muhammad Ramlan, S.Sos, Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Arut Selatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, serta tamu undangan lainya.

kesempatan ini, Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah, SH, MH menyaksikan secara langsung praktek penggunaan Layanan Mandiri Desa Natai Raya. Selain adanya Anjungan Layanan Mandiri di kantor Desa yang dapat digunakan oleh Warga hanya dengan menempelkan E-KTP ke card reader, juga tersedia Aplikasi Layanan Mandiri Desa Natai Raya yang dapat diunduh melalui Google Play (https://apps.natairaya.desa.id) .

Dengan adanya fitur ini, warga dapat mengajukan surat keterangan secara online kapanpun dan dari manapun mereka berada, kemudian dicetak oleh Operator Desa, dengan harapan warga tidak perlu menunggu lama di Kantor Desa.

Praktik baik yang ditunjukkan oleh Pemerintah Desa Natai Raya kepada Bupati Kotawaringin Barat adalah proses pengajuan Surat Keterangan secara online melalui Handphone, tak lama kemudian Surat telah dicetak oleh Operator Desa. Hal yang menarik ditunjukkan kepada Bupati Kotawaringin Barat adalah pada hasil cetak Surat Keterangan tersebut terdapat QR Code di bagian bawah surat yang berfungsi untuk memberikan informasi bahwa benar surat tersebut diterbitkan dan tercatat dalam database Sistem Informasi Desa Natai Raya.

Selain itu, warga dapat mencetak Identitas Diri dan Kartu Keluarga dan juga tersedia Menu Pesan untuk dibaca oleh Operator Desa serta Menu Bantuan untuk menampilkan Program Bantuan yang diterima oleh warga yang diperiksa.

Layanan Mandiri adalah salah satu fitur yang terdapat pada Aplikasi OpenSID (Sistem Informasi Desa), Aplikasi ini telah diterapkan oleh pemerintah Desa Natai Raya sejak akhir tahun 2017.

Semoga Layanan ini dapat membantu percepatan proses alur permohonan Surat Keterangan oleh Warga Desa Natai Raya. (OpSID NATAIRAYA)

Artikel Terkait

Back to top button
error: Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Copy

Pemblokiran Iklan

Bantu kami menayangkan iklan dengan menon-aktifkan pemblokiran iklan di Web browser anda.