Event

Hj. Rostiati H.Dahlan, isi Dialog Publik : “Resolusi Konflik Sosial Menuju Masyarakat Madani”

Langgudu, Kabardesantb.com– Dialog Publik yang diinisasi oleh Gerakan Mahasiswa Rupe Gabungan (GMRG) yang diselenggarakan di Gedung Aula Kantor Desa Rupe pada Minggu Pagi, (21/02/21) sekitar pukul 09.00 wita waktu setempat berlangsung interaktif.

Dalam Pengantarnya, Syahrul selaku Ketua Umum GMRG Periode 2020/2021 menyampaikan hasil Studi banding mereka tentang bagaimana Hiruk pikuk dan perkembangan Dinamika Kehidupan sosial di Kabupaten Bima khususnya di wilayah Kecamatan Langgudu mulai mengarah pada degradasi konflik Sosial yang semakin memprihatinkan, sehingga menggugah “Kami selaku mahasiswa GMRG untuk mengadakan Dialog Publik dengan tema “Resolusi Konflik Sosial menuju Masyarakat Madani atau masyarakat yang beradab. Dan harapannya melalui dialog publik ini, segera dicarikan solusinya” ucap Syahrul, Ketua Umum GMRG.

Dialog ini menghadirkan Lima narasumber yaitu Hj.Rostiati H.Dahlan,S.Pd (Ketua PKK & LPA Kab.Bima), Mapan Resort Kokab Bima, Abdul Fajar,S.Pd.M.Pd (Kepala UPT.Dikbudpora Langgudu), Bripka Haryanto (Kanit Operasi Polsek Langgudu) dan Sur’ah,AMd.Keb (Kepala UPT.P3AP2KB Kec.Langgudu)

Hadir pula, Kepala Desa Rupe beserta perangkatnya, Ketua BPD, Tokoh Pendidikan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perwakilan Perempuan, Karang Taruna, Remaja Masjid dan sejumlah pelajar/mahasiswa.

Kades Rupe, Adam Malik pada kesempatan ini sangat menggapresiasi dan berharap dialog publik ini bermanfaat bagi masyarakat, baik didesanya maupun bagi generasi muda di Kecamatan Langgudu.

“Kami atas nama pemerintah Desa Rupe, menyampaikan ucapan Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada adik-adik GMRG yang memilih kegiatan ini dilaksanakan di Desa Rupe. Untuk itu, Dialog Publik ini adalah kegiatan positif, dan kami sangat mendukung sekali, segera dicarikan solusi yang solutif. Masyarakat yang madani, tentu adalah harapan kita bersama” kata Kades Rupe, Adam Malik dalam sambutannya.

Senada dengan hal itu, Kapolsek Langgudu yang diwakili oleh Bripka Haryanto juga menekankan bahwa generasi muda harus bisa berfikir kritis dan bijak melihat kondisi saat ini, “Kami dari Polsek Langgudu, sangat mengapresiasi kegiatan positif seperti ini, ini yang kedua kalinya yang sebelumnya juga dilaksanakan di Desa Waworada. Untuk itu, mari kita bersinergi mewujudkan kamtibmas di Kecamatan Langgudu yang aman dan kondusif”Ajak Bripka Haryanto

Dalam materinya, Hj.Rostiati H.Dahlan,S.Pd menjelaskan tentang bagaimana latarbelakang dan faktor-faktor yang memicu terjadinya Kekerasan Seksual terhadap Anak, kejahatan atau kesempatan.

“untuk itu, saya sangat menggapresiasi sangat tinggi kepada anak-anakku mahasiswa GMRG yang menginisasi terselenggaranya kegiatan Dialog publik hari ini, dan saya sangat setuju ketika ada dinamika sosial, apapun itu, mari kita diskusikan untuk dicarikan solusinya sedini mungkin” tutur Hj.Rostiati

Kegiatan yang dirangkai dengan sesi Diskusi yang cukup interaktif ini, berjalan cukup dialogis dan interaktif dan berakhir hingga pukul 14.00 Wita dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan yang berlaku.(KM-02)

Artikel Terkait

Back to top button
error: KONTEN KAMI PROTEKSI :)

Pemblokiran Iklan

Bantu kami menayangkan iklan dengan menon-aktifkan pemblokiran iklan di Web browser anda.