Pemerintah

DPMDes Dan Kominfo Kab. Bima Fasilitasi Zoom Meeting Kemendes 500 Bumdes Se-Indonesia

Kabapaten Bima (Kabardesantb.com) – Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pemberdayaan dan Desa Gelar Rapat Koordinasi Digitalisasi yang melibatkan 500 Bumdes sebagai Peserta se-Indonesia,  Jum’at (26/6/2020)
Rakor yang berlangsung di Dinas Kominfo Kabupaten Bima yang bertema “Digitalisasi dalam rangka meningkatkan Kesejahteraan Petani Melalui Pemotongan Jalur Distribusi Bersama Agretail.id” ini,  melibatkan Badan Usaha Milik Desa serta Pihak Dinas terkait. 
Menurut Kadis PMD Kabupaten Bima melalui Sekretarisnya Ibrahim, SH menjelaskan bahwa Rakor Zoom Meeting Digitalisasi tersebut melibatkan Pihak Satker Kabupaten Bima dan 11 Perwakilan Bumdes se-Kabupaten Bima diantaranya Bumdes Desa Sari dan Bugis Kecamatan Sape, Bumdes Desa Maria dan Kambilo Kecamatan Wawo, Bumdes Desa Rupe Kecamatan Langgudu, Bumdes Desa Lewintana Kecamatan Soromandi, Bumdes Renda Kecamatan Bolo, Bumdes Desa Pela Kecamatan Monta, Bumdes Desa Belo Kecamatan Palibelo dan Bumdes Desa Dena Kecamatan Madapangga. 
Dalam Zoom Meeting tersebut dijelaskan bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi Petani adalah panjangnya mata rantai pemasaran yang menyebabkan tingginya harga produk ditingkat konsumen sehingga membuat harga Produk desa menjadi kurang kompetitif sedangkan petani tetap tidak mendapatkan keuntungan yang optimal dari sistem tersebut. 
“Desa memiliki peranan penting dalam menjaga ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19” jelas Bahartani Lamakampali selaku Direktur Pengembangan Ekonomi Lokal, Jum’at (26/6) dalam Zoom Meeting melalui Aplikasi Digitalisasi. 
Lebih lanjut dijelaskan bahwa salah upaya yang dilakukan Kementerian Desa adalah bekerjasama dengan Mitra Agretail.id.
Agretail.id merupakan salah satu unit usaha dari PT inacom untuk Pemasaran Produk Pertanian & Peternakan. Memiliki titik 30 Mitra di Kabupaten/Kota se-Indonesia. 
“Harapannya 30 titik ini dapat berkembang ke seluruh Indonesia dimulai dari Daerah Penyangga Kabupaten/Kota,  sehingga melalui Bumdes Bekerjasama dengan Agretail.id dapat memotong mata rantai pemasaran dengan mengambil produk langsung dari Petani sehingga penentuan harga lebih baik dari sisi konsumen dan Petani” Pungkasnya. (KD-11)

Artikel Terkait

Back to top button
error:

Pemblokiran Iklan

Bantu kami menayangkan iklan dengan menon-aktifkan pemblokiran iklan di Web browser anda.